Sunday 9 August 2015

pendakian gunung andong !!

pendaki gunung yang mungil  dan menakjubkan.

setelah 2 tahun lamanya di kota orang akhirnya aku kembali ke asalku di kota tanah kelahirnku. pulang dengan membawa mimpi besarku ingin aku gapai ku daki smua gunung di magelang.
tanggal 10 oktober 2014 aku putuskan melakukan pendakian pertama. sebagai pemula belum tau serba serbi tentang gunung, terpilihlah gunung andong buat pendakian perdana. yang terletak di desa sawit girirejo kec.grabag magelang jawa tengah .




gunung andong memiliki ke tinggian 1726 mdpl tidak tinggi memang tapi soal ke indahanya dan panoramanya tak bisa di ragukan lagi. bahkan kalo menurutku bisa diktakan istimewa lohh gag kalah ama yang di luar negri hehe..


                                                   gerbang pendakian gunung andong


rencana pendakian ini boleh di bilang mendadak, karenan cuma dalam tempo 2 hari kami merencanakannya.  tentu saja karena mendadak banyak yang tidak bisa ikut, karena terbentur rutinitas masing2. tak apalah lain waktu mungkin bisa bareng2 dalam hatiku menggumam. hehehe

pukul 04.00 rombonganku udah siap2 buat menuju base camp pendakian gunung andong yang di kelola oleh karang taruna  yang bernama jayagiri.
sambil nungu 1 teman yang lagi perjalanan biar di jadikan pemandu perjalanan kami. maklum ini pendakian pertama buat jaga2 bila ada apa2.

langkah awal awal perjalanan kami di sambut jalan desa yang sudah mulus dan rapi.
awal perjalanan pun di mulai dengan tanda gerbang dari gunung andong.

langit masih terasa gelap dan udara dingin masih menyelimuti, dua kakiku melangkah sambil melihat kiri kanan sampingku pohon cemara. karena ini perjalanan pertamaku di tambah lagi jarang olahraga berpengaruh pada stamina cpak lelah. ke bawa rasa ngantuk pula hehe




waktu terus berjalan, perlahan langit kelihatan merah merona tanda matahari sudah datang menyambutku.  terlihat aktifitas warga di hiruk pikukknya pagi pada berangkat ke ladangnya dengah penuh seangat, beda denganku yang udah kecapean hehe
satu yang tak terduga olehku.... ohh inikah para jiwa pendaki orangnya pada ramah2 stiap berpapasan saling menyapa walau tak pernah kenal,, tak pernah ke temukan di perkotaan mungkin udah punah kalik yaa.. hehehe



baru berjalan kira2 30 menitan kami nyampe di pos 1 katanya sii gtu di tandai dengan batu besar. selain masih pagi juga dinnginnya pegunungan di temani kabut. sambil ngobrol2 bercanda buat menghilangkan rasa lelah, aku di kejutkan pemandangan yang indahnya belum pernah aku lihat sebelumnya. dalam hatiku ini kah ciptaanmu ya alloh sungguh sempurna, dsaat itu pula aku merasa kecil serasa tak ada apa2nya. dan inilah ternyata yang membuat para pecinta alam kecanduan mendaki.




nampak jelas di hadapanku gunung merbabu dan gunung merapi di belakangnya.
gunung andong ternyta banyak menyimpan berjuta pesona yang tak pernah aku duga sebelumnya.
tak terasa 1 jam berlalu kini aku sudah sampai puncak yang dari tujuanku kesini.



 sekali lagi aku di kejutkan dengan pemandanga yang sungguh mempesona, yah kali ini terlihat jelas gunung sumbing dan sindoro. aku tunjuk gunung ini sambil berjanji dalam hati suatu saat nanti aku akan kesana sampai puncaknya juga.



tak terasa senang bahagia menyelimuti hatiku , mungkin aku betah dan akn sering2 kesini saat rutinitas yang membuatku bosan.



 setelah  beberapa saat melepas lelah, kami teringat satu icon dari gunung andong yaitu geger sapi. maksut geger sapi adalah jalan menuju puncak yang satu ke puncak kedua gunung andong.



yang menarik dan menjadi tantangan dari geger sapi ini adalah  lebarnya yang cuma 1 meter dengan ssamping2nya jurang yang curam dan dalam, karena itu butuh nyali besar untuk melaluinya, perlu kosentrasi penuh karena saat melalui geger sapi kadang ada angin yang berhembus kencang.
jadi bila anginnya besar apalgi di tambah kabut mending di tunda untuk menyusurinya, karena bisa berbahaya.


akhir perjalanan ini di tutup dengan foto di titik tertinggi gunung andong . 1726 mdpl





tak akan bosan aku untuk mendaki setiap gunung negri ini suatu saat nanti.

APAPUN YG TERJADI AKU AKAN CINTA PADA NEGRIKU INI INDONESIA . !!

No comments:

Post a Comment