Sunday 9 August 2015

tips mendaki saat hujan !!


hujan bukanlah penghalang , itulah keteguhan prinsip dan jiwa pantang menyerah yang harus di tanamkan pada jiwa petualang. tapi walaupun begitu harus berjalan sesuai rasional yang ada dan persiapan yang memadai bukan sekedar modak nekat.

ada beberapa yang harus di siapankn secara matang, bila seorang pendaki mau  melakukan pada musim hujan. agar ke amanan dan kenyamanan dalam perjalanan terjaga. 

ini salah satu peralatan yang harus di bawa saat mendaki musim hujan !!

1. mantel / jas hujan

disarankan menggunankan jasa hujan yang model baju  dan celana selain nyaman di pake juga untuk memudahkan dalam medan pendakian.

2. baju ganti

setidaknya bawa 2 stel ( 2 baju 2 celana ) buat jaga2 dan bisa buat baju ganti bila basah 

3. payung

selain melindungi kita dari hujan secara langsung, tapi juga bisa melindungi dari terik panasnya matahari

4. terpal 

terpal akan saangat bermanfaat ketika hujan datang dengan tiba2  bisa buat berlindung sementara dan bisa melindungi saaat mau mendiirikn tenda saat derasnya hujan.

5. lap / kanebo

sangat berguna buat mengeringkan tenda, tau sendiri bila berada di tempat basah pastinya gag nyaman buat istirahat. apalgi bila tenda tergenang hujan.





beberapa tips melakukan trip saat musim hujan di antaranya 

1. hidari perjalanan saat malam

berjalan di tengah lebatnya hujan apalgi di lakukan saat malam akan menambah resiko hal2 yang tak di inginkan terjadi apalgi buat pemula. sebaiknya melakukn perjalanan pada pagi ataupun siang hari agar malamnya buat istirahat.

2. hindari mendirikan tenda yang ada aliran airnya dan pilih tempat yang terlindung dari angin

ini di karenakan  untuk menghindari air hujan menggenangi masuk dalam tenda bray. apalgi bisa mendirikannya di bibir tebing di hawatirkn longsor.

3. jangan mengaktifkan hp / perangkat seluler

perangkat seluler akan membawa penghantar listrik pada sinyal sinyalnya. jadi lebih aman di matikan saja buat jaga2 meminimalisir bila ada sambaran petir.


demikaan tips dariku tapi yang slalu di ingat utamakan keselaman dan kesetia kawanan bukan sekedar sampai puncak jadi tujuan. yang harus di ingat perlengkapan mendaki bukan pelindung diri bray cuma mengurangi resiko agar tidak parah. 
jadi kamu harus2 benar2 harus melihat tanda perigatan yang ada.


      salam pencinta alam indonesia

No comments:

Post a Comment